Penanganan Terkini Amblyopia atau Mata Malas Pada Anak

Penanganan Terkini Amblyopia atau Mata Malas Pada Anak

Amblyopia atau mata malas merupakan penyebab terbanyak gangguan penglihatan pada anak-anak yang sifatnya ireversibel . kelainan juga salah satu penyebab kebutaan yang terjadi pada anak-anak.Amblyopia merupakan suatu keadaan di mana mata gagal untuk mencapai ketajaman visual normal, bahkan dengan kacamata resep atau lensa kontak.

Penurunan fungsi penglihatan ini terjadi karena adanya kegagalan stimulasi penglihatan atau tidak cukup adekuatnya stimulasi yang ditransmisikan dari saraf optikus ke otak pada periode tertentu. Hal ini dapat terjadi bahkan pada mata dengan struktur normal. Seringnya terjadi pada satu mata, walaupun pada beberapa keadaan dapat terjadi di kedua mata

 Banyak orang terutama dengan mild amblyopia tidak menyadari kondisinya sampai pada saat dewasa dan dilakukan test penglihatan. Pada keadaan yang berat

Karena amblyopia biasanya adalah masalah perkembangan bayi visi, gejala kondisi bisa sulit untuk membedakan. Namun, penyebab umum ambliopia Strabismus. Mata Jadi jika Anda melihat bayi atau anak muda telah menyeberang atau beberapa misalignment mata lain yang jelas, jadwal janji untuk ujian mata anak-anak segera – sebaiknya dengan dokter mata atau dokter yang mengkhususkan diri dalam visi anak-anak.

 Petunjuk lain bahwa anak Anda mungkin telah amblyopia adalah jika ia menangis atau rewel ketika Anda menutup satu mata. Hal ini menunjukkan bahwa mata Anda tertutup adalah “baik” mata, dan bahwa mata tertutup adalah amblyopic, menyebabkan penglihatan kabur

Amblyopia biasanya terdiagnosa pada masa kanak-kanak, ketika tes penglihatan di sekolah, atau oleh dokter keluarga, pediatric atau dokter mata. Meskipun begitu, orang dewasa yang tidak terdiagnosa dan diobati pada masa kanak-kanak dapat menderita amblyopia juga.

Amblyopia bertanggung jawab atas hilangnya penglihatan pada anak-anak lebih banyak daripada jumlah kasus kehilangan penglihatan yang disebabkan oleh semua penyebab lain dikombinasikan. Pada penelitian terbaru di Singapura atas 3009 anak-anak, amblyophia pada anak berumur 30-72 bulan adalah 1,2%.

Kerap kali amblyopia tidak terdeteksi hingga kedua belah mata di tes secara terpisah pada saat skrining mata. Alternatifnya, seorang anak akan memicingkan mata ketika penglihatan kedua mata tidak sejajar.
Akan lebih tepat untuk berkonsultasi pada ahli mata ketika anak mengeluhkan atau mulai memiliki gejala-gejala seperti kekaburan penglihatan dan memicingkan mata.

Jenis Amblyopia

 Terdapat beberapa jenis amblyopia tergantung penyebabnya seperti amblyopia deprivatif, amblyopia anisometric (refraktif), amblyopia strabismik

  • Amblyopia strabismik terjadi ketika posisi mata tidak sama, dimana terdapat satu mata yang juling (keluar, kedalam, atas atau bawah) maka otak kita akan meminimalkan fungsi mata yang juling sehingga terjadi penurunan penglihatan perlahan-lahan.
  • Amblyopia anisometric (refraktif) terjadi bila terdapat kelainan kacamata yang besar atau tidak sama antara kedua mata sehingga otak akan memilih mata yang melihat lebih jelas dibandingkan dengan mata dengan rabun jauh atau dengan astigmat yang besar
  • Amblyopia deprivatif timbul ketika katarak atau keadaan yang sejenis yang menutup axis visual pada saat periode visual experience. Jenis amblyopia ini bila tidak ditangani dengan cepat maka prognosisnya akan buruk

 

Penyebab

  • Segala sesuatu yang mengganggu penglihatan salah satu dari mata pada masa diantara kelahiran hingga umur 8 tahun dapat mengakibatkan berkembangnya amblyopia karena otak mulai mengacuhkan apa yang dilihat oleh mata ‘malas’, mengutamakan apa yang terlihat oleh mata yang ‘baik’ saja.
  • Beberapa penyebab umumnya adalah juling, rabun jauh, dekat, astigmatis, atau katarak kanak-kanak. Amblyopia biasanya mempengaruhi satu mata, namun jika kedua mata kekurangan  penglihatan jelas selama waktu tertentu ketika kanak-kanak, maka kondisi ini dapat mempengaruhi kedua mata.
  • Strabismus adalah penyebab paling umum dari amblyopia. Untuk menghindari penglihatan ganda disebabkan oleh mata sejajar buruk, otak mengabaikan masukan visual dari mata yang bergulir, menyebabkan amblyopia pada mata (“mata malas”). Jenis ini disebut ambliopia amblyopia strabismic.
  • Kadang-kadang, amblyopia disebabkan oleh kesalahan bias tidak setara di dua mata, meskipun keselarasan mata yang sempurna. Sebagai contoh, satu mata mungkin memiliki rabun jauh atau rabun jauh tidak dikoreksi signifikan, sedangkan mata yang lain tidak. Atau salah satu mata mungkin telah Silindris signifikan dan mata yang lain tidak. Dalam kasus tersebut, otak bergantung pada mata yang memiliki kurang dikoreksi kesalahan bias dan “lagu keluar” penglihatan kabur dari mata lainnya, menyebabkan ambliopia pada mata karena tidak terpakai. Jenis ini disebut amblyopia amblyopia bias (atau ambliopia anisometropic).

Penanganan

  • Pengobatan utama dengan memaksakan agar mata malas mendapatkan penglihatan sebaik mungkin. Hal ini termasuk dengan menggunakan kacamata. Selain itu, penderita harus diuji secara teratur untuk memantau perkembangan pengobatan. Akan lebih tepat untuk berkonsultasi pada ahli mata ketika anak mengeluh atau mulai memiliki gejala-gejala, seperti penglihatan kabur dan seringnya memicingkan mata untuk membuat penglihatan lebih sejajar.
  • Penanganan amblyopia harus dilakukan sedini mungkin, jika terdapat kelainan kacamata (minus, astigmatisme, plus) yang cukup besar harus secepatnya diberikan kacamata bahkan ketika masih berumur 1 minggu. Untuk keadaan deprivatif harus segera diintervensi untuk membersihkan visual axis sehingga memberikan kesempatan agar anak-anak dapat belajar melihat
  • National Institute for Health mengatakan terapi amblyopia masih dapat dilakukan hingga usia 14 tahun akan tetapi paling baik dilakukan sedini mungkin.
  • Untuk menyembuhkan amblyopia, anak harus dipaksa untuk menggunakan mata ‘malas’. Ini dapat dilakukan dengan menutup mata ‘baik’ atau mengaburkan mata ‘baik’ selama beberapa jam sehari, sering  kali untuk berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Hal ini dapat memaksa agar otak menggunakan mata ‘malas’,  sehingga penglihatan dapat normal kembali.
  • Pengobatan utama lain adalah dengan memaksakan agar mata malas mendapatkan penglihatan sebaik mungkin. Hal ini termasuk dengan menggunakan kacamata jika dibutuhkan, pada setiap saat, atau dengan membuang katarak kanak-kanak. Anak tersebut harus diuji secara teratur untuk memantau perkembangan pengobatan.
  • Selain mengakibatkan cacat penglihatan, amblyopia dapat mengakibatkan mata juling karena mata yang tidak dapat melihat dengan jelas tidak dapat mempertahankan kesejajaran mata karena ketidak mampuan untuk focus.
  • Keberhasilan pengobatan bergantung pada separah apakah amblyopia tersebut, dan umur anak pada saat pengobatan dimulai. Jika terdiagnosa dini, pengobatan sukses mudah tercapai, dan masa pengobatannya pun lebih singkat. Jika terdeteksi setelah umur 8 tahun, tingkat keberhasilan cenderung rendah
  • Dalam beberapa kasus amblyopia bias, penglihatan normal dapat dicapai hanya dengan sepenuhnya mengoreksi kesalahan bias di kedua mata dengan kacamata atau lensa kontak. Biasanya, bagaimanapun, setidaknya beberapa patching terhadap mata “baik” diperlukan untuk memaksa otak untuk memperhatikan masukan visual dari mata amblyopic dan memungkinkan pembangunan penglihatan normal terjadi pada mata.
  • Pengobatan strabismic amblyopia strabismus sering melibatkan operasi untuk meluruskan mata, diikuti dengan menambal mata dan sering beberapa bentuk terapi visi (juga disebut orthoptics) untuk membantu kedua mata bekerja bersama sama sebagai sebuah tim.
  • Patch mungkin diperlukan untuk beberapa jam setiap hari atau bahkan sepanjang hari dan dapat berlanjut selama beberapa minggu atau bulan.
  • Jika Anda memiliki banyak masalah dengan pemakaian  patch off, mungkin mempertimbangkan lensa kontak yang dirancang khusus prostetik yang mencegah cahaya masuk mata yang baik tetapi tidak mempengaruhi penampilan anak Anda. Meskipun prostetik lensa kontak lebih mahal dari sebuah patch mata sederhana dan memerlukan pemeriksaan lensa kontak dan pas, mereka dapat bekerja keajaiban dalam kasus-kasus sulit pengobatan amblyopia saat sesuai dengan menambal mata miskin.
  • Pada beberapa anak, tetes mata atropin telah digunakan untuk mengobati amblyopia bukan sebuah penutup mata. Satu tetes ditempatkan pada mata baik anak Anda setiap hari. Atropin mengaburkan visi dalam mata yang baik, yang memaksa anak Anda untuk menggunakan mata dengan amblyopia lebih, untuk memperkuat itu. Satu keuntungan dari menggunakan tetes mata atropin adalah bahwa hal itu tidak memerlukan kewaspadaan terus-menerus Anda untuk memastikan anak Anda memakai patch.
  • Dalam satu penelitian besar terhadap 419 anak-anak muda dari 7 tahun dengan amblyopia mulai dari 20/40 ke 20/100 sebelum perawatan, atropin hasil terapi sebanding dengan patch mata (meskipun peningkatan dalam ketajaman visual dalam mata amblyopic itu sedikit lebih besar di kelompok patch). Akibatnya, beberapa praktisi sebelumnya mata skeptis perawatan menggunakan atropin sebagai pilihan pertama mereka untuk pengobatan amblyopia lebih dari patch.
  • Namun, atropin tidak memiliki efek samping yang harus dipertimbangkan: sensitivitas cahaya (karena mata ini terus melebar), pembilasan dan kelumpuhan mungkin dari otot ciliary setelah penggunaan jangka panjang atropin, yang dapat mempengaruhi akomodasi mata, atau kemampuan untuk mengubah fokus .
    Bantuan untuk Anak-anak yang lebih tua dan Dewasa Dengan Mata Malas
  • Selama bertahun-tahun, para ahli percaya bahwa jika pengobatan amblyopia tidak dimulai sangat awal dalam hidup, tidak ada perbaikan dalam ketajaman visual mungkin. Periode kritis untuk intervensi dikatakan sekitar usia 8.
  • Tapi sekarang muncul bahwa anak-anak yang lebih tua dan bahkan orang dewasa dengan panjang terdampar mata malas bisa mendapatkan keuntungan dari pengobatan amblyopia menggunakan program komputer yang merangsang perubahan saraf yang mengarah ke perbaikan dalam ketajaman visual dan sensitivitas kontras.
  • Salah satu program tersebut – RevitalVision disebut – telah menghasilkan visi ditingkatkan pada anak yang lebih tua dengan mata malas dan orang dewasa dengan panjang-berdiri amblyopia. Pengobatan umumnya terdiri dari 40 sesi pelatihan dari 40 menit masing-masing, dilakukan selama periode beberapa minggu.
  • Dalam salah satu studi klinis dari 44 anak-anak dan orang dewasa amblyopic mulai di usia 9-54 tahun, 70,5 persen dari peserta memiliki peningkatan ketajaman visual dari 2 atau lebih baris pada grafik mata standar setelah rejimen penuh sesi pelatihan RevitalVision.
  • Saat ini, RevitalVision adalah pengobatan yang disetujui FDA hanya komputerisasi untuk amblyopia. Program ini disetujui untuk individu usia 9 dan lebih tua dengan visi terbaik dikoreksi 20/100 atau lebih baik dan sedikit atau tidak ada strabismus.
  • Program komputer lain untuk mengobati mata malas juga tersedia dan digunakan oleh dokter mata yang mengkhususkan diri dalam visi anak-anak dan terapi visi.
    Deteksi Dini dan Pengobatan Penting
  • Meskipun perawatan amblyopia modern mungkin memperbaiki penglihatan pada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa, sebagian besar ahli setuju bahwa deteksi dini dan pengobatan mata malas lebih disukai untuk pengembangan visual normal dan hasil visual terbaik dari pengobatan amblyopia.
  • Amblyopia tidak akan pergi sendiri, dan mata malas tidak diobati dapat menyebabkan masalah penglihatan permanen dan persepsi kedalaman miskin. Jika di kemudian hari mata anak Anda kuat mengembangkan penyakit atau terluka, dia akan tergantung pada visi miskin amblyopic mata, sehingga yang terbaik adalah untuk mengobati amblyopia sejak dini.



Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s